+ (0298) 326684

sinode@gkj.or.id

Follow Us:

Pejumpaan dengan Sekjen WCC dan Beberapa Keputusan.

Cacatan kelima ini tertunda, baru dikerjakan setelah sampai di Yogykarta. Dalam acara Sidang MPL PGI, peserta dari gereja-gereja anggota WCC dikumpulkan di acara makan malam bersama dengan Pdt. Prof. Dr. Jerry Pillay. Dalam percakakapan yang santai, Pdt Jerry menyampaikan beberapa hal penting yang sedang menjadi perhatian Dewan Gereja Dunia (DGD). Pdt. Henriette T. Hutabarat Lebang menyampaikan bahwa tidak dibutuhkan penerjemah jika Pdt Jerry Pillay menyampaikan dengan tempo ucapan yang lambat.

Pdt Jerry Pillay menggambarkan bahwa dunia ini sedang mengalami polycrisis dimana banyak sekali kebigungan, penderitaan yang disebabkan oleh banyak masalah berbeda yang terjadi pada saat yang sama sehingga memiliki efek yang sangat besar. Tema sidang WCC di Jerman adalah Christ’s Love Moves the World to Reconciliation and Unity. Kita sungguh menyadari bahwa kita disatukan oleh kasih Kristus dan kasih Kristus mempersatukan. Kasih yang akan menghasilakan damai sejahtera dan jalan yang harus dilalui untuk damai sejahtera adalah perilaku yang berkëadilân. Pdt Jerry Pillay juga mengharapkan gereja-gereja anggota WCC untuk terlibat secara aktif dalam gerakan-gerakan kebersamaan dan aktif dalam mempejuangkan hidup yang berkeadilan terhadap orang lain, alam dan tatanan sosial, ekonomi, politik.

Beberapa hal penting dari Sekjen WCC juga menjadi bahan diskusi dalam Panitia Pesan Sidang MPL PGI than 2024. Saya kebetulan dimasukkan dalam Panitia Pesan Sidang, yang anggotanya terdiri dari : 1) Pdt. Dr. Mery Kolimon/PGIW NTT (Ketua). 2) Pdt. Dr. Arnold Apolos Abbas/Germita (Sekretaris). 3) Pdt. Dr. Deonal Sinaga/HKBP. 4) Pdt. Dr. Paul Ulrich Munte/GKPS. 5) Pdt. Sundoyo/GKJ. 6) Pdt. Robert Marwanto Simanjuntak (PGIW Sumatera Selatan). 7) Pdt. Binsar Parlindungan Sababalat (GKPM). 8) Pdt. Gomar Gultom (MPH-PGI/Ketua Umum). 8) Pdt. Suresj Tomaluweng (Kabiro PRB). 9) Juandi Gultom (Staf PGI). Dalam diskusi yang mendalam, panitia yang didampingi langsung oleh Pdt Gomar Gultom sebagai Ketum PGI telah berhasil merumuskan pesan sidang.

Keputusan yang lain yang perlu ditindaklanjuti oleh Sinode GKJ, yaitu : 1) GKJ sebagai tuan-puan acara Alfa Camp PGI yang pelaksanaannya di bulan juni atar juli tahin 2024. 2) Buku yang berisi draf Pengakuan Bersama Iman Kristen (PBIK). Terkait dengan Alfa Camp akan menjadi kegiatan bersekala nasional, maka Bapelsin XXIX GKJ Bidang PWG menyiapkan segala sessuata untuk acara ini. Alfa Camp dikerjakan dengan bekerja sama dengan UKSW dan pelaksanaanya dilakukan di kompleks perkemahan d’Emmerick Salib Putih. Terkait dengan rumusan PBIK akan dilakukan uji publik oleh PGI. Dalam hal ini, Sinode GKJ memiliki Puskat yang bisa melakukan kajian atas PBIK dan dalam memberikan kontribusi pemikiran.

Demikian kiranya catatan-catatan dari Sidang MPL PGI tahun 2024 di Mentawai, dapat menjadi tambahan informasi bagi pembaca.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Kontak

© 2022 Created  Sinode GKJ