+ (0298) 326684

sinode@gkj.or.id

Follow Us:

SIDANG ISTIMEWA GEREJA-GEREJA KRISTEN JAWA KLASIS BOYOLALI 2024

Sidang Istimewa Gereja-gereja Kristen Jawa Klasis Boyolali dilaksanakan pada tanggal 8 Februari 2024 di GKJ Pengging, dalam rangka Ujian Calon Pendeta GKJ Pengging atas diri Sdr. Bayu Gumelaring Ady, S.Fil, dan sekaligus Laporan BapeklKlas Boyolali XIII serta Pengesahan Rencana Program Kerja 2024. Daur Sidang Klasis Boyolali diadakan setiap 2 tahun, sehingga ada Sidang Antara Klasis Boyolali untuk mengesahkan Rencana Program Kerja tahun yang kedua. Dalam rangka efektifitas dan efisiensi waktu dan pembiayaan, maka Pengesahan Rencana Program Kerja tahun 2024 sekaligus dilakukan dalam Sidang Istimewa saat itu.

Sidang diikuti oleh utusan utama dan pengganti dari 8 GKJ dalam lingkup Klasis Boyolali (GKJ Pengging, GKJ Ampel, GKJ Boyolali, GKJ Cipto Wening, GKJ Kerten, GKJ Simo, GKJ Welar dan GKJ Sabda Mulya), BapelKlas dan BawasKlas Boyolali XIII, serta calon pendeta yang akan diuji yaitu Sdr, Bayu Gumelaring Ady dan 4 pembimbing calon Pendeta (Pdt. Hery Yuda Triyanto, Pdt. Dani Ariyanto, Pdt. Samuel Juta Damar, dan Pdt. Jaryono). Dalam persidangan tersebut juga mengundang Visitator Sinode yaitu Pdt. Yemima Widi Nurani sebagai Ketua Bidang Visitasi Bapelsin XXIX GKJ dan Pdt. Wiji Astuti sebagai anggota Tim Visitasi Bapelsin XXIX GKJ, Klasis Tetangga (Klasis Salatiga Bagian Selatan, Klasis Kartasura, Klasis Klaten Barat, Klasis Klaten Tengah dan Klasis Klaten Timur), serta utusan peninjau yaitu para pendeta di Klasis Boyolali (Pdt. Simon Julianto, Pdt. Septianingsih dan Pdt. Em. Setyo Budi Purwanto). Beberapa anggota jemaat GKJ Pengging dan juga keluarga dari calon pendeta juga hadir dalam persidangan tersebut.

Sidang dimulai dengan ibadah Pembukaan pada pukul 07.30 WIB, yang dipimpin oleh Pdt. Kristanto Dwi Utomo selalu pendeta Konsulen GKJ Pengging. Khotbah disampaikan oleh calon Pendeta, yaitu Sdr. Bayu Gumelaring Ady, dengan Tema: Pemulihan Relasi Mendamaikan Hati, Bacaan dari Kejadian 33: 1-11. Khotbah dalam ibadah pembukaan tersebut sekaligus sebagai materi dalam mata uji khotbah.

Dalam sidang tsb, moderamen terpilih adalah:

Ketua 1 : Pdt Magdalena Elly Kurniawati (utusan utama dari GKJ Kerten)

Ketua 2 : Pdt. Nur Bagus Aji Jatmiko (utusan utama dari GKJ Boyolali)

Sekr.1 : Dkn, Andhy Setyono (utusan utama dari GKJ Pengging)

Sekr.2 : Pnt. Sunarni (utusan utama dari GKJ Simo)

Sidang berjalan sesuai Susunan Acara Persidangan dan Tata Tertib Persidangan yang telah disetujui, serta mengacu pada Peraturan Ujian Calon Pendeta yang diberlakukan oleh GKJ.

Ujian berlangsung dengan urutan, sebagai berikut:

1. Ujian pertama adalah Ujian khotbah, dengan Penguji Utama Pdt. Hery Yuda Triyanto.

2. Ujian kedua adalah Ujian Pokok-pokok Ajaran GKJ, dengan Penguji Utama Pdt. Dani Ariyanto.

3. Ujian ketiga adalah Ujian Tata Gereja dan Tata Laksana, dengan Penguji Utama Pdt. Samuel Juta Damar. 4. Ujian keempat adalah Ujian Sejarah Gereja, dengan Penguji Utama Pdt. Jaryono.

Ujian berlangsung dengan baik. Penilaian dilakukan secara kuantitatif, yang kemudian dibuat kualitatif. Hasi Persidangan: Sdr. Bayu Gumelaring Ady dinyatakan Layak Tahbis, dan menjalani proses Vikariat selama 1 tahun, mulai 8 Februari 2024 – 8 Februari 2025. Hasil Persidangan tersebut dituangkan dalam Surat Keputusan yang ditandatangani oleh Ketua dan Sekretaris Moderamen Sidang, Ketua dan Sekretaris Bapelklas Boyolali XIII serta visitator Bapelsin XXIX GKJ. Sdr. Bayu Gumelaring Ady juga membacakan serta menandatangai Surat Janji.

Sambutan-sambutan disampaikan oleh:

1. Ketua Majelis GKJ Pengging: Pnt. Listyarini Wahyuningsih

2. Klasis Tetangga, diwakili oleh Pdt. Hananto Kusumo dari Klasis Salatiga Bagian Selatan.

3. Badan Pelaksana Sinode XXIX GKJ, yaitu Pdt. Yemima Widi Nurani selalu ketua Bidang Visitasi Bapelsin XXIX GKJ.

Setelah Agenda terkait Ujian Calon Pendeta sudah selesai, dilanjutkan Agenda Laporan Bapelklas Boyolali XIII serta Pengesahan Rencana Program Kerja tahun serta Rencana Anggaran Belanjan Klasis tahun 2024. Laporan serta rencana tersebut disampaikan oleh Bp Bagus Sudjadi selalu ketua II Bapelklas Boyolali XIII. Sidang menerima laporan tersebut dan mengesahkan Rencana Program Kerja serta RAPB Klasis Boyolali tahun 2024.

Moderamen Sidang memimpin sensuramorum, dan semua peserta persidangan menyatakan sejahtera dan menerima dengan baik hasil persidangan.  Sidang Istimewa Gereja-gereja Kristen Jawa ditutup dengan Doa yang dipimpin oleh Pdt. Septianingsih dari GKJ Boyolali, pada pukul 16.18 WIB.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Kontak

© 2022 Created  Sinode GKJ