+ (0298) 326684

sinode@gkj.or.id

Follow Us:

LITURGI BULAN OIKOUMENE PGI TAHUN 2023

JAKARTA,PGI.OR.ID-Memasuki Bulan Oikoumene (Mei) ini, PGI kembali mengeluarkan Pesan Bulan Oikoumene kepada Gereja-gereja di seluruh Indonesia. Pesan Bulan Oikoumene 2023 mengusung tema “Kasih Kristus Menggerakkan Dunia Menuju Rekonsiliasi dan Persatuan (Bdk. 2 Korintus 5:14-21), mengikuti tema Sidang Raya Dewan Gereja Dunia 2022 di Karlsruhe.

Tema tersebut dilandaskan kepada teks 2 Korintus 5:14 yang bicara mengenai kasih Allah dalam Trinitas yang menguasai orang percaya untuk bergerak ke luar dan menawarkan kasih kepada yang lain. Kasih Kristus, yaitu Allah yang berinkarnasi menjadi manusia, diberikan tidak hanya untuk golongan tertentu, melainkan untuk semua ciptaan (bdk. Kol. 2:9).

Melalui kasih dan pengorbanan Kristus, Allah mendamaikan diri-Nya dengan dunia (2 Kor. 5:19). Kristus tergerak oleh belas kasih dalam karya-Nya di berbagai kota dan sinagoge yang dikunjunginya (bdk. Mat. 9:35-36). Sebagai tubuh Kristus, Gereja diutus untuk menyatakan Misi Allah melalui karya kesaksian, karya persekutuan yang penuh kasih, serta karya pelayanan kepada yang membutuhkan, dalam doa bagi semua makhluk.

Dalam pesan tersebut disampaikan bahwa pada tahun 2023 ini, kita masih menghadapi berbagai tantangan yang meminta Gereja untuk bergerak dalam belas kasih seperti Kristus untuk melayani seluruh makhluk, sambil terus menguatkan pesan persatuan di antara tubuh Kristus. Kasih Kristus yang menguasai umat menggerakkan kita untuk membawa harapan bagi mereka yang mencari keadilan, yang terpinggirkan, ciptaan yang tidak bisa membela dirinya dari aksi serakah manusia yang merusak habitat alaminya. Kasih yang awalnya memampukan dan menopang, kemudian menuntut respons dan pengorbanan.

Untuk melihat secara lengkap Pesan Bulan Oikoumene 2023 silahkan klik di bawah ini.

Klik Tombol dibawah untuk mengunduh :

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Kontak

© 2022 Created  Sinode GKJ