+ (0298) 326684

sinode@gkj.or.id

Follow Us:

HUT 92 Tahun Sinode GKJ

PENDAHULUAN

17 Februari 1931 yang merupakan hari dilaksanakannya Sidang Sinode GKJ yang pertama, ditetapkan sebagai hari lahir Sinode Gereja-gereja Kristen Jawa. Dalam kebersamaan, GKJ telah tumbuh dan berkembang hingga saat ini, pada tahun 2023 mencapai usia 92 tahun. Sebuah perjalanan yang patut disyukuri dalam pasang surut yang telah dialami hingga saat ini. Demikian pula dalam kehidupan bergereja bersama dengan gereja-gereja dan Lembaga-lembaga lainnya di Indonesia, GKJ berupaya ambil bagian untuk hari depan yang penuh harapan.

Patut disyukuri dalam kiprahnya SINODE GEREJA-GEREJA KRISTEN JAWA telah melewati perjalanannya panjang selama 92 tahun. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya SINODE GKJ telah berperan besar mendampingi dan menaungi gereja-gereja tumbuh menjadi rumah untuk semua umat.

Dengan mengucap syukur kepada Allah Bapa dalam Tuhan Yesus, SINODE GKJ mengajak gereja-gereja memaknai perayaan HUT ditengah masa transisi dari pandemic covid 19 ini dengan berkegiatan yang berorientasi pada pelayanan umat dan masyarakat.

TEMA

“HARI DEPAN YANG PENUH HARAPAN

Tema ini didasari dari Yeremia 29 : 11 “Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan”.

Melalui tema ini kita diajak untuk membagikan kabar baik bagi semua orang ketika situasi kehidupan bangsa saat ini masih ditengah kondisi pandemic dan diliputi oleh kecemasan karena situasi ekonomi dan hal-hal lainnya. Kabar baik yang memberi harapan dan sekaligus kekuatan untuk bertahan dan berjuang menghadapi kehidupan ini.

BENTUK KEGIATAN

Bentuk Kegiatan yang direncanakan meliputi : Peribadahan, Kegiatan Sosial dan Oikumene (Worship, Social and Ecumenical):

IBADAH (WORSHIP) Mensyukuri perjalanan SINODE GKJ   Mensyukuri pernyertaan Tuhan terhadap perjalanan Sinode GKJ selama 92 tahun yang mampu mengatasi setiap pergumulan dan tantangan untuk hari depan yang penuh harapan.  

SOSIAL (SOCIAL) Membangun kepekaan Sosial   Selain merayakan ibadah syukur, momentum HUT sebaiknya digunakan untuk membangun kepekaan sosial bagi Lembaga-Lembaga sosial Kristen yang ada di sekitar Sinode GKJ, salah satunya melalui Yayasan Pendidikan Dwituna (YPD) Rawinala.  

OIKUMENE (ECUMENICAL) Mengembangkan semangat Oikumene   Mengembangkan dan membangun semangat Oikumene dengan belajar dari beberapa Lembaga yang ada di bawah naungan PGI (biro perempuan PGI) dan Lembaga Alkitab Indonesia (LAI)  

WAKTU PELAKSANAAN

Kegiatan dilaksanakan pada :

Hari I             : tanggal 17 Februari 2023 – Ibadah Syukur

Hari II            : tanggal 18 Februari 2023 – Kegiatan Sosial dan Kunjungan Oikumene

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Kontak

© 2022 Created  Sinode GKJ