+ (0298) 326684

sinode@gkj.or.id

Follow Us:

Penahbisan Pendeta GKJ Baturetno Atas Diri Vikaris Filo Yustikarno Kristya Persada, S.Si. Teol.,CCM

Penahbisan Pendeta GKJ Baturetno Atas Diri Vikaris Filo Yustikarno Kristya Persada, S.Si. Teol.,CCM

Pagi ini, Selasa, 16 Januari 2024 di GKJ Baturetno Wilayah Giribelah, Wonogiri, sinar matahari bersinar sedikit terhalang mendung. Sekitar pukul 08.00 WIB panitia penahbisan Vik. Filo Yustikarno Kristya Persada, S.Si.Teol.,CCM telah bersiap menyambut para tamu yang mulai berdatangan. Hadir Pejabat Pemerintah Kabupaten Wonogiri yang diwakili oleh Wakil Bupati Wonogiri Bp.Setyo Sukarno, Sekcam Giribelah, Anggota Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Wonogiri, Tamu Undangan, serta kurang lebih 50 pendeta GKJ dari Klasis Wonogiri, Gunungkidul, Purworejo, Sragen, Sukoharjo, dan sekitarnya. Tak kurang dari 600 warga gereja memenuhi kursi yang disediakan panitia.

Panitia mengusung konsep ibadah di alam terbuka bertemakan “Mangun Watu Dadya Urip.” yang bertempat di tanah yang akan dibangun GKJ Baturetno Wilayah Giribelah di bukit karst yang dihiasi pemandangan alam yang sangat indah. Acara penahbisan ini dikemas dalam dua rangkaian. Rangkaian pertama dimulai pukul 09.00 WIB dengan acara seremonial yang terdiri atas ucapan selamat datang sekaligus doa pembukaan oleh ketua Panitia, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari Badan Pelaksana Klasis Wonogiri, Visitator Sinode GKJ, dan Wakil Bupati Wonogiri.

Visitator Sinode XXIX GKJ, Pdt. Stefanus Iwan Listiyantoro menyampaikan salam kasih dan persaudaraan dari 346 gereja se-Sinode GKJ, khususnya salam dalam semangat kebersamaan dari 386 pendeta GKJ. Ia mengucapkan selamat bagi GKJ Baturetno: Majelis, Panitia, dan seluruh warga gereja, dan Vikaris Filo Yustikarno Kristya Persada, S.Si. Teol., CCM serta keluarga. Ucapan selamat juga ditujukan untuk gereja-gereja di Klasis Wonogiri dalam kebersamaan yang terjalin kuat dalam proses pemanggilan pendeta tersebut. Begitu pula disampaikan harapan agar momen yang sangat istimewa tersebut menjadikan kebersamaan yang terjalin dalam lingkup GKJ makin dipenuhi dengan kasih yang memampukan untuk menjalani tugas panggilan-Nya dengan setia. Rangkaian acara pertama diakhiri sesi foto bersama pejabat pemerintahan.

Rangakaian acara kedua adalah ibadah penahbisan. Ibadah dipimpin oleh pdt. Dyan Sunu Prakosa yang dimulai dengan arak-arakan menuju “bukit batu“ tempat acara diadakan. Kekidungan Jawa, paduan suara, tari, teater punakawanan, dengan nuansa jawa yang kental menambah kedekatan peserta yang hadir dengan alam. Setelah dibacakan pratelan dan pertanyaan kesanggupan oleh Pdt.Dyan Sunu Prakosa, Vik.Filo menjawab dengan “Inggih kanthi sawetahing manah”. Prosesi pemberkatan dilakukan oleh sekitar 50 pendeta dipimpin oleh pendeta sepuh Pdt.Em.Darsono Eko Nugroho. Setelah mengenakan pakaian liturgis, menerima Alkitab dan alat-alat sakramen, Pdt. Filo Yustikarno Kristya Persada memulai kotbah sulung dengan membacakan I Petrus 2:4-7. Dalam khotbahnya, Pdt.Filo menggambarkan jemaat seperti batu yang terpencar namun tetap menekankan akan manfaat bagi sesama dan memberikan hidup bagi seluruh alam.

Rangkaian acara kedua tersebut juga diakhiri dengan sesi foto bersama. Selamat untuk GKJ Baturetno dan Pdt. Filo. Sayonara, mugi Gusti tansah paring berkah.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Kontak

© 2022 Created  Sinode GKJ