+ (0298) 326684

sinode@gkj.or.id

Follow Us:

Bulan Katekese Liturgi Tahun 2023

Bulan Katekese Liturgi Tahun 2023

Penghayatan Liturgi Kehidupan

Sebagai tindak lanjut dari Seminar “Liturgi Kehidupan” yang dilakukan melalui Zoom Meeting pada 10 Oktober 2022 yang lalu, maka pada penghayatan Bulan Katekese Liturgi Tahun 2023 ini, Puskat melalui Bapelsin XXVIII GKJ mengajak gereja-gereja di lingkungan Sinode GKJ untuk menjadikan Bulan September 2023 ini sebagai ruang penghayatan praktik-praktik liturgi kehidupan dalam konteks masing-masing gereja. Selanjutnya, penghayatan tersebut dapat dibagi menjadi 2 (dua) kategori:

  1. Bagi gereja-gereja yang sudah melakukan praktik-praktik liturgi kehidupan dalam berbagai macam bentuknya, kami memohon agar berkenan mendokumentasikannya secara tertulis untuk dihimpun dan diterbitkan menjadi sebuah buku sebagai sarana pembelajaran bersama. Seturut dengan kondisi gereja-gereja yang beranekaragam, maka buku yang nantinya diterbitkan diharapkan dapat memberikan inspirasi dan semangat saling meneguhkan bagi gereja-gereja untuk membangun praktik liturgi kehidupan seturut dengan konteks masing-masing gereja. Tulisan tersebut kami harapkan dapat kami terima selambat-lambatnya pada 31 Oktober 2023 melalui e-mail: sinode@gkj.or.id; No. WA: +62 856-4066-6663.
  • Bagi gereja-gereja yang belum melakukan praktik-praktik liturgi kehidupan, kami harapkan pada bulan September 2023 ini dapat mengadakan semacam sarasehan bersama seluruh warga jemaat untuk mempercakapkan langkah-langkah apa saja yang perlu ditempuh untuk mempraktikkan liturgi kehidupan seturut dengan konteks masing-masing gereja. Sebagai sebuah gambaran umum bahwa praktik liturgi kehidupan yang dimaksudkan adalah setiap upaya gereja untuk melibatkan berbagai unsur kehidupan (budaya, seni, sosial, ekonomi, dll.) di sekitar konteks gereja sebagai bagian dari hidup berliturgi, baik itu dalam bentuk-bentuk peribadahan gerejawi maupun praktik hidup keseharian jemaat.

Melalui semangat dan gerak bersama sebagai Gereja-Gereja Kristen Jawa dengan berbagai kekayaan konteksnya, semoga praktik-praktik liturgi kehidupan dapat terus tumbuh dan berkembang di tengah-tengah dunia, di mana masing-masing gereja kita dipanggil dan diutus.

Kiranya Tuhan berkenan atas pelayanan kita.

Bapelsin XXVIII GKJ

Klik Disini untuk mengunduh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Kontak

© 2022 Created  Sinode GKJ