+ (0298) 326684

sinode@gkj.or.id

Follow Us:

<strong>Ibadah Syukur, Perayaan dan Perkunjungan HUT Ke 92 SINODE GKJ</strong>

17 – 18 Februari 2023

Sinode Gereja-Gereja Kristen Jawa (GKJ)

Sinode Gereja-Gereja Kristen Jawa didirikan pada tanggal 17 Februari 1931 adalah sebuah ikatan Gereja-Gereja Kristen Jawa yang pada saat ini berjumlah 344 gereja, dengan jumlah jemaat sebanyak 197.703  jemaat dan dilayani oleh 380 Pendeta aktif, yang terhimpun dalam 32 klasis dengan cakupan wilayah pelayanan  tersebar di 6 provinsi di pulau Jawa yaitu Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten

Dalam kiprahnya selama 92 tahun tersebut, selain menjadi lembaga gereja, Sinode GKJ juga telah melahirkan berbagai lembaga yang ada dalam binaannya, yaitu di bidang kesehatan (Rumah Sakit milik Yayasan Kristen untuk Kesehatan Umum-YAKKUM), di bidang pendidikan (Universitas Kristen Duta Wacana, Universitas Kristen Satya Wacana, Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Jakarta, Sekolah Tinggi Teologi Marturia Yogyakarta, Solotech University) dengan puluhan ribu mahasiswanya, serta di bidang sosial (Yayasan Sosial Kristen Salib Putih – Panti Asuhan, Panti Wredha, Panti Karya Salib Putih ) dan lembaga kemasyarakatan lainnya yang semuanya itu didedikasikan untuk masa depan yang penuh harapan bagi Bangsa Indonesia.

Sinode GKJ beralamat di Jl. Dr. Sumardi No.8 & 10, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50711. Telp. (0298) 326684, email : sinode@gkj.or.id, Website : www.sinodegkj.or.id

Rangkaian kegiatan HUT Ke 92 Sinode GKJ

Dalam rangka memperingati HUT Ke 92 Sinode GKJ, Ketua Sinode GKJ Pdt. Aris Widaryanto mengajak seluruh gereja yang berada dalam naungannya, serta seluruh masyarakat untuk lebih memiliki kepedulian pada kelestarian alam dan lingkungan melalui penanaman 1.000 pohon. Kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dalam momen ini, GKJ turut serta dalam kampanye mengurangi penggunaan kemasan berbahan plastik dan styrofoam dalam pelaksanaan berbagai kegiatan oikumene di lembaga-lembaga yang akan dikunjungi.

Tema HUT Ke 92 Sinode GKJ :  ”Hari Depan yang Penuh Harapan”  

Ayat Alkitab :  Yeremia 29 : 11  “ Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-KU mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan “

Makna Logo Hari Ulang Tahun ke 92 Sinode Gereja Kristen Jawa

Oleh Bp. Supriatmo

Tema :

            “Hari Depan Yang Penuh Harapan”

1. Logo berbentuk angka 92 dan ditengah-tengahnya ada salib.    Menggambarkan perjalanan selama

    92 tahun Sinode GKJ berpegang erat &  mengedepankan penyertaan TUHAN dengan berpelayanan

    penuh kasih    sebagaimana Yesus Kristus ajarkan

2. Ornamen berbentuk gelombang menggambarkan  dinamika pelayanan & tantangan selama kurun

    waktu 92 tahun

3. Ornamen Gelombang pada salib berjumlah 32 untuk menggambarkan  Sinode GKJ terbagi menjadi

    32 klasis.

4. Keempat ujung ornamen salib bernuansa budaya Jawa sesuai dengan identitas GKJ yang memang

    cikal bakal jemaatnya berasal dari warga Jawa

5. Warna gelombang pada angka 92 bagian bawah dan atas dibuat warna gelap dan bagian tengah

    (sentral) berwarna lebih cerah, merupakan gambaran peralihan perubahan keadaan dari yang

    kurang baik akan menjadi lebih baik jika segenap kehidupan berpusat (sentral) kepada kasih Allah,

    sesuai tema :  “Hari Depan Yang Penuh Harapan”  (Yeremia 29:11)

Jumat, 17 Februari 2023, Ibadah Syukur dan Perayaan HUT Ke 92 Sinode GKJ

Ibadah Syukur & Perayaan HUT Sinode GKJ baru pertama kalinya dilakukan di Jakarta dengan mengambil tempat di GKJ Jakarta  Jl. Balai Pustaka Timur No.1, Rawamangun, Jakarta 13220 dan diikuti oleh perwakilan dari 32 Klasis, perwakilan dari beberapa Sinode gereja tetangga, perwakilan dari gereja lain yang ada di Jabodetabek, serta perwakilan dari 20 Gereja Kristen Jawa yang ada di Jabodetabek. Ibadah syukur & perayaan ini tidak hanya dihadiri oleh klerus (Pendeta) tetapi juga oleh umat jemaat, khususnya diikuti dari unsur perempuan dan ibu, juga pemuda dan remaja dan  dihadiri sekitar 600 orang. Ibadah Syukur & Perayaan HUT Ke 92 Sinode GKJ tersebut juga ditayangkan secara Livestreaming melalui kanal SinodeGKJ dan tercatat sudah 4.591 penayangan dalam 24 jam terakhir.

Ibadah Syukur HUT Ke 92 Sinode GKJ

Ibadah syukur dilaksanakan dengan mengusung konsep melewati lorong waktu yang digambarkan dengan melewati 3 pintu dengan jenis musik yang berbeda disetiap waktunya, yaitu Pintu 1 : dianalogikan sebagai ‘Past Time or historical music’ yang bernuansa tradisional, klasik, sederhana, nuansa Jawa. Pintu 2: dianalogikan sebagai ‘Present or nowadays music’ yang bernuansa kontemporer, easy listening, nuansa urban. Pintu 3: dianalogikan sebagai ‘Futuristic or fusion music’ yang bernuansa kombinasi antara tradisional dan urban, klasik dan unik, memunculkan beberapa suara instrument yang jarang terdengar atau bahkan asing bagi pendengar, menarik dan sulit ditebak. Tampil para pemain musik dari Yayasan Pendidikan Dwituna Rawinala yang menyanyikan lagu tema “ Hari depan Yang Penuh Harapan “ Ciptaan Pdt. Lusindo Y.L Tobing dari GKJ Nehemia.

Perayaan HUT Ke 92 Sinode GKJ

Perayaan HUT Ke 92 Sinode GKJ dilakukan dengan seremonial pemotongan Tumpeng dan Pencanangan kegiatan bersama STFT, LAI & PGI.

Turut memberikan sambutan (video recording) Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Bp. Prof. Dr. Muhajir Effendy, M.A.P,  Menteri Agama RI, Bp. Yaqut Cholil Quomas,  sambutan secara langsung oleh Dirjen Bimas Kristen Kementerian Agama Republik Indonesia Ibu Dr. Jeane Marie Tulung, S.Th.M.Pd, hadir juga Asisten Deputi Pendidikan Keagamaan Kemenko PMK, Bp. DR. Ahmad Saufi, Biro Dikmental Pemda DKI, Bp. Yamo Zega, Perwakilan dari Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), Perwakilan dari Lembaga Alkitab Indonesia (LAI), Perwakilan Sekolah Tinggi Teologi Filsafat Jakarta (STFT Jakarta) dan Perwakilan dari Yayasan Pendidikan Dwituna Rawinala.

Dalam Perayaan HUT Ke 92 sinode GKJ juga telah dilakukan penyerahan cindera mata berupa Lukisan Batik dengan tema sesuai Lembaganya, STFT Jakarta, PGI, LAI, YPD Rawinala dan Dirjen Bimas Kristen Kementrian Agama RI.

Sabtu, 18 Februari 2023, Kunjungan ke Sekolah Tinggi Filsafat Theology Jakarta  (STFT), Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), Lembaga Alkitab Indonesia (LAI) dan  Yayasan Pendidikan Dwituna Rawinala

Pencanangan GKJ Peduli Lingkungan melalui penanaman 1.000 pohon dilakukan secara seremonial di Kampus STFT Jakarta Menteng Jakarta Pusat, Wisma PGI Salemba Jakarta Pusat, Kantor LAI Salemba Jakarta Pusat, dan Yayasan Pendidikan Dwituna Rawinala Condet Jakarta Timur serta Gereja-gereja Kristen Jawa baik yang ada di Jabodetabek, Jawa Barat maupun di Jawa Tengah.

Kegiatan di STFT Jakarta Menteng Jakarta Pusat antara lain belajar bersama tentang Teologi Hijau, Komunitas Biru. Makanan bagi Hidup yang Berkelanjutan serta Pengolahan Sampah.

Gereja Ramah Anak dan Kaderisasi Pemimpin Muda merupakan topik dalam Kunjungan ke PGI.

Adapun kunjungan ke LAI dengan bersama-sama melihat Museum dan Alkitab Besar. 

Yayasan Pendidikan Dwituna (YPD) Rawinala salah satu Lembaga yang dikunjungi, terletak di  Jl. Inerbang Raya No.38, RW.3, Batu Ampar, Kec. Kramat Jati, Kota Jakarta Timur, Jakarta 13520. http://www.rawinala.org. Yayasan Pendidikan Dwituna Rawinala adalah sebuah lembaga yang melayani kebutuhan  penyandang tunaganda netra, sebuah kondisi dimana penyandangnya memiliki dua atau lebih keterbatasan, utamanya pada indra penglihatan. Untuk kegiatan di Yayasan Pendidikan Dwituna Rawinala, setiap peserta diajak untuk belajar mengenal lebih dekat dengan saudaranya yang berkebutuhan khusus (difabel) melalui praktik lapangan dengan mentor dari para pendidik di Yayasan Pendidikan tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali para peserta memiliki keterampilan khusus saat mendampingi saudaranya atau warga masyarakat yang berkebutuhan khusus. Kegiatan kunjungan ke YPD Rawinala juga disiarkan secara Livestreaming melalui kanal SinodeGKJ dan tercatat sudah 1.068 penayangan dalam 17 jam terakhir

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Kontak

© 2022 Created  Sinode GKJ